Self Publishing Sukses Dimulai Dengan Pemasaran
Penerbitan diri bukan untuk menjadi lemah hati. Proses publikasi panjang, melibatkan sejumlah besar tugas administratif yang terperinci dan bisa mahal. Ini adalah bagian yang mudah; Tantangan sesungguhnya melibatkan "S & M" - penjualan dan pemasaran.
Baca juga artikel tentang Self Publishing: Apakah Ini Jalan Menerbitkan Buku Anda?.
Bagi seorang penulis untuk menjadi penerbit mandiri yang sukses, dia harus membuat pergeseran paradigma dalam kesadaran dari penulis menjadi pengusaha, dan melihat buku mereka dengan cara yang sama seperti guru Madison Avenue melihat sampo terbaru. Seorang penulis harus bisa melakukan analisis pasar yang tidak memihak yang ingin dicapai buku ini.
Apakah daya tarik terbesar bagi kaum muda? Warga senior? Laki-laki? Wanita? Anggota kelompok minoritas? Definisi pasar - atau pasar - akan membantu menentukan dan memfokuskan kampanye pemasaran berikutnya.
Selanjutnya, penulis harus mengembangkan rencana pemasaran. Bagaimana saya bisa mencapai pasar saya dengan paling efektif? Penulis lepas sudah mengetahui kebanyakan ceruk publikasi di pasaran. Sekarang, alih-alih menghubungi publikasi ini untuk panduan pengiriman, penerbit sendiri perlu menghubungi departemen periklanan untuk informasi tingkat suku dan data.
Informasi seperti 1) sirkulasi per isu, 2) tingkat respons rata-rata untuk iklan baris dan / atau iklan bergambar, 3) tarif iklan dan spesifikasi untuk iklan bergambar akan memungkinkan penerbit sendiri menentukan biaya per kontak. Jika sebuah buku melibatkan informasi khusus, penerbit sendiri dapat beriklan di majalah berkala dengan sirkulasi rendah, karena para pembaca majalah tersebut mungkin merupakan tipe individu yang paling tepat untuk mendapatkan keuntungan dari buku ini.
Buku yang ditulis untuk menarik khalayak umum yang luas harus dipasarkan dengan selimut media yang lebih besar. Buku diet, buku swadaya dan pengelolaan uang lebih baik dengan publisitas radio atau televisi. Media ini memiliki biaya lebih tinggi, namun dalam jangka panjang, biaya per kontak lebih kecil, karena jumlah orang yang dicapai lebih banyak.
Pertanyaan biaya membawa kita pada tantangan berikutnya: anggaran pemasaran dan periklanan. Berapa banyak yang ingin Anda belanjakan, dan berapa tahun? Peluncuran usaha bisnis baru umumnya membutuhkan waktu lima tahun untuk mulai menghasilkan keuntungan, dan dua tahun pertama berkonsentrasi untuk mengembangkan identitas dan "kesadaran merek."
Dengan kata lain, mungkin butuh dua tahun bagi penulis untuk mengenal keberadaannya, apalagi ingin membeli buku mereka! Terlalu banyak penerbit sendiri menyerah pada pemasaran setelah tahun pertama, dan akhirnya menjual buku mereka di penjualan garasi.
Akhirnya, upaya pemasaran perlu dimulai sebelum buku diterbitkan. Jika seorang penulis membangun minat dan kegembiraan sementara buku mereka masih dalam tahap "pemeriksaan", hasilnya dapat dengan mudah menjadi permintaan segera setelah peluncuran buku ini. Salah satu klien saya melakukan ini, dan menjual 100 salinan bukunya sebelum dia menerima kiriman pertamanya.
Seiring dengan publikasi yang ditulis untuk membantu penulis memperbaiki kemampuan menulis mereka, penerbit mandiri harus mereferensikan buku atau kaset audio yang relevan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis kecil atau berbasis rumah, seperti Pemasaran Guerilla Jay Conrad Levinson. Mempromosikan pekerjaan Anda tidak harus disiksa atau sangat mahal. Promosi yang terencana dengan baik dan konsisten akan mendapatkan buku Anda di rak buku, selama Anda bersedia menginvestasikan kesabaran dan ketekunan dalam usaha pemasaran Anda.